Skip to main content

BUPATI AGUS HADIRI GELAR PASUKAN SATLINMAS PENGAMANAN PEMILU SERENTAK 2024


BERITAWAN.ID
- Bupati Agus Istiqlal memimpin langsung gelar pasukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam rangka pengamanan Pemilu serentak tahun 2024, dihalaman komplek perkantoran Pemkab Pesisir Barat pada Senin 12 Februari 2024.

Gelar pasukan yang diikuti oleh TNI-Polri, Satpol-PP dan Damkar, dan anggota KPPS juga dihadiri oleh Pj.Sekda Pesisir Barat, Kapolres Pesisir Barat, para kepala OPD di lingkungan Pemkab Pesisir Barat.

Bupati Agus Istiqlal dalam sambutannya mengatakan, gelar pasukan satlinmas dalam rangka menyukseskan pemilu serentak 2024 tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan kesiapan satlinmas dalam rangka mendukung kesiapsiagaan pengamanan pemilu. 

"Diharapkan agar situasi kamtibmas di wilayah Pesibar menjelang, pada saat, dan pasca Pemilihan Legislatif (Pileg), dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 tetap aman dan kondusif, sehingga seluruh proses pelaksanaan tahapan pesta demokrasi tersebut dapat berlangsung sukses," harap Agus Istiqlal.

Menurut Bupati Pesisir Barat, dalam pelaksanaan pemilu serentak 2024, satlinmas memiliki beban tanggungjawab yang sangat besar sebagai garda terdepan dalam pengamanan Pemilu serentak 2024. Satlinmas hadir dan bertugas dalam tiap-tiap tahapan pemilu menjaga dan memelihara kententraman, ketertiban, dan keamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Bersama dengan KPPS, satlinmas memiliki peran yang sangat penting dalam kesuksesan pemilu serentak 2024.

Meski memiliki tugas berat, lanjut Bupati,  satlinmas diharapkan tetap melaksanakan tugas dengan humanis dan sesuai dengan tahapan dan ketentuan yang berlaku.

"Sebagai aparat keamanan yang paling dekat dan bersentuhan langsung dengan warga, anggota satlinmas harus mampu bersinergi dan bekerjasama dengan seluruh komponen masyarakat, sehingga mampu mewujudkan personel satlinmas yang berkualitas dan berkarakter," tegas Bupati.

Masih kata Bupati Agus Istiqlal,pengamanan penyelenggaraan pemilu Tahun 2024, dilakukan dengan menjaga, dan memelihara, serta berkoordinasi dengan instansi terkait dalam menjaga ketenteraman, ketertiban, dan keamanan di TPS. 

"Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri, maupun satuan dalam melaksanakan tugas, sehingga mampu merespon secara cepat dan tepat setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu jalannya pemilu Tahun 2024," kata Agus.

"Dengan suksesnya pemilu serentak 2024 ini dapat menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang lebih besar dan memberikan kebaikan bagi masyarakatnya," lanjut Agus Istiqlal.