Skip to main content

BAWASLU PESISIR BARAT GELAR DEKLARASI DAMAI SAMBUT PEMILU 2024


BERITAWAN.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 di Lapangan Merdeka Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah, pada hari Selasa 21 November 2023.

Pada kegiatan tersebut dihadiri Bupati-Wakil Bupati Pesibar, anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Imam Bukhori, Ketua Bawaslu Pesibar, Abd. Kodrat S, dan anggota, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesibar, Ripzon Efendi, Plt. Sekkab Pesibar, Jon Edwar, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesibar, Zairi Opani, forkopimda Pesibar-Lampung Barat (Lambar), Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pesibar, dan 18 perwakilan Partai Politik (Parpol) peserta pemilu.

Diawali dengan pengucapan tujuh poin deklarasi kampanye damai Pemilu 2024 pada acara tersebut yang dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Pesisir Barat, Abd. Kodrat S, dan dilanjutkan penandatanganan deklarasi kampanye damai Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Pesisir Barat mengatakan pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat memaknai penyelenggaraan pemilu secara utuh dan dapat berlangsung dengan Langsung Umum Bebas Rahasia (Luber) dan Jujur dan Adik (Jurdil), serta terlaksana sesuai regulasi yang berlaku.

"Tidak kalah penting, tahapan kampanye yang cukup panjang dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya kendala dan berjalan sesuai aturan perundang-undangan," harap Kodrat.

Dikatan juga bahwa sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 akan berlangsung sejak 28 November Tahun 2023 hingga tanggal 10 Februari 2024. 

"Partai Politik peserta pemilu diharapkan untuk taat pada aturan yang telah ditetapkan. Silahkan berkampanye dengan gembira tanpa melanggar ketentuan yang ada," ungkapnya.

"Mari semua pihak berkomitmen dan berikrar dengan mendeklarasikan kampanye damai dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 yang berkualitas dan bermartabat," tambahnya.

Ketua Bawaslu menjelaskan, salah satu misi Bawaslu adalah mendorong para pemangku kepentingan, pihak terkait, dan stakeholder serta para peserta pemilu untuk bersinergi bersama dalam pelaksanaan pengawasan tahapan dan pemantauan pemilu secara partisipatif dan akuntabel. 

"Dalam pelaksanaan kampanye pemilu 2024, diharapakan semua peserta dan elemen masyarakat dapat menjaga persatuan dan mendahulukan keutuhan NKRI serta menciptakan suasana damai. Saling menghormati antar peserta pemilu/calon, tunduk dan taat kepada peraturan perundang-undangan tentang kampanye. Serta melaksanakan kegiatan kampanye dengan positif dan sejuk tanpa hoaks/kampanye hitam, ujaran kebencian dan politisasi sara, juga tidak politik uang," tandasnya.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, yang disampaikan Wakil Bupati Zulqoini Syarif mengatakan bahwa, Pemkab Pesisir Barat mengapresiasi pelaksanaan deklarasi kampanye damai Pemilu Tahun 2024 di Pesisir Barat "Melalui deklarasi ini kita harapkan penyelenggaraan pemilu dapat terlaksana dengan mengedepankan prinsip mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif dan efisien," tuturnya.